Minggu, 12 September 2010

Daftar Makanan yang Wajib Dimakan Saat Liburan Pulang Kampung



  1. Soto banjar

  1. Makanan khas Banjar, paling enak ya Soto Banjar "Bawah Jembatan" Bang Amat @Banua Hanyar, Banjarmasin.




  1. Nasi kuning + masak habang haruan

  1. Biasanya dimakan sebagai sarapan pagi, berupa nasi kuning dimakan bersama ikan gabus (haruan) yang dimasak dengan cabe kering sehingga berwarna merah gelap. Selain ikan haruan, bisa bersama ayam atau telur, tapi paling enak tetap pake ikan haruan :9





  1. Rawon

  1.  Makanan asal Jawa Timur ini susah ditemukan di Jakarta, bentuknya berupa soto daging sapi dengan kluwek sehingga kuahnya berwarna hitam. Sejauh ini aku belum nemu tempat makan rawon yang enak.



  1. Iwak bebanam

  1. Dengan nama lain ikan bakar. Tetapi ikan bakarnya urang Banjar agak berbeda dengan ikan bakar di Jakarta. Ikan bakar di Banjar basah-basah berwarna hitam kemerahan karena banyaknya kecap dan bumbu-bumbu lainnya. Yang dibanam biasanya adalah ikan nila, patin, haruan, papuyu, peda, dan bawal. Paling enak dimakan bersama sambal terasi dan sayur-sayuran berkuah khas banjar seperti di bawah ini.



  1. Sayur-sayuran bekuah khas Banjar

  1. Antara lain ada sayur asam banjar, sayur keladi, sayur besantan, sayur umbut, sayur waluh, dan sayur bening.

Ketupat kandangan
Ketupat kandangan itu...ngngngng....mmmm.... Ya ketupat yang dikasih kuah santan kental. Kalo bumbunya aku ga tau. Pokoknya enak. Dimakannya dengan ikan haruan bakar. Resep tradisional ini dulunya berasal dari daerah Kandangan, makanya namanya seperti itu.

    Ayam Goreng President
    Ada di kilometer 1 Banjarmasin,, kalo ga salah. Menu ini sebenarnya baru aja masuk daftar makananku pas liburan ini karena pas ke Banjarmasin kemaren bapakku ngajak ke sana. Ternyata aku suka. Potongan ayamnya emang kecil sih... Tapi yang digoreng di sini adalah ayam kampung yang masih muda. pemberdayaan di bawah umur T_T

    (maaf, untuk masakan ini dan seterusnya gambarnya ga sesuai dengan aslinya karena belum ada seseorang yang memposting gambar masakan dari tempat tersebut. tapi aku usahakan buat nyari gambar yang mirip)

    Mie ayam di siring Sungai Barito, Marabahan
    Entah kenapa aku suka banget mie ayam di sini lebih daripada di tempat lain ataupun kota lainnya, Bakmi Golek sekalipun. Kuahnya kental, apalagi kalo pake telur bebek bacemnya. Ditambah panorama Sungai Barito saat kita makan... hhmmmm....

    Sate
    Oke, sate di mana-mana juga ada. Tapi aku tetap kangen ama satenya orang banjar. Bedanya sate di sini lebih banyak kecap dan pake sedikit saos tomat. Kalo biasanya di Jakarta orang makan sate ayam pake acar, di sini orang makan sate ayam pake sop ayam.


    Bakso
    Sama seperti sate, apakah beda daerah beda resep untuk jenis masakan yang sama? Yang jelas bakso di sini umunya pake sohun, bukan bihun. Aku pengen makan Bakso Mas Jon Kelana di Banjarmasin nih. Banyak cabangnya, jadi cabang yang mana aja ga masalah.


    Bikin ngiler aja nih posting beginian.
    Sekarang masakannya dulu aja deh, kue-kuenya ntar dulu. Takut jadi BWK (BandWidth Killer) :)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...