Rabu, 28 Juli 2010

Aku Pengin Jadi Orang Kaya

Ini salah satu cita-cita aku. Tapi naif banget ya punya cita-cita kayak gini? Atau malah manusiawi?

Tapi sebenarnya aku takut juga kalo ntar aku dah jadi kaya ternyata harta malah ngebutain mata aku dan bikin keras hati aku... malah kujadiin alat buat nindas orang... malah bikin aku tambah tamak seperti meminum air laut yang gak bakal pernah menghilangkan haus... dan malah bikin aku ngedongakin kepala terus pas lewat di hadapan orang... Naudzubillah... Ya Allaah lindungi aku.

Tapi kalo aku gak kaya masalahnya aku ngerasa kurang berguna. Aku gak bisa ngejamin kuliah adek-adekku nanti, gak bisa ngeberangkatin haji kedua orang tuaku. Katanya di sekitar Ka'bah sana sering muncul keajaiban-keajaiban yang bisa jadi teguran keras buat orang yang mengalaminya. Ada juga keajaiban yang baru kelihatan setelah orang itu pulang haji. Aku pengen Bapak sama Mamaku ngersain yang kayak gitu. Biar mereka bisa ngelihat apa hal-hal berharga yang selama ini dah mereka lewatin, dan agar kesalahan-kesalahan mereka bisa dihapuskan oleh Allah Yang Maha Pengampun, sampai cuma tersisa berkah buat husnul khatimah.

Aku sering miris juga ngelihat anak-anak yang sering berkeliaran di jalan-jalan, di pasar, ama di terminal dengan keadaan yang kalo dibandingin sama aku rasanya aku malu pake baju bagus, aku malu tadi habis makan di sebuah resto di mall, aku juga malu bisa tidur nyenyak di kamar kontrakanku. Aku malu.
Kalo waktu ngelihat mereka aku keinget adek-adekku pengen rasanya ngomong ke adek-adekku, "Kalian itu beruntung banget ya. Makan ikan sama ayam tiap hari, tidur di rumah yang layak, sekolah di sekolah bagus, bisa beli buku pelajaran, baju-bajunya bagus-bagus kadang merek distro, punya laptop, punya modem, punya PS, gak pernah dikasarin, gak pernah dijahatin. Apa sih kurangnya kalian tu?!"
Pengin banget rasanya neriakin kata-kata kayak gitu di muka mereka berdua. Tapi kayaknya aku cuma bakalan bikin mereka nangis dan tetep gak ngerti. Karena kata orang, "seseorang yang gak pernah ngerasain rasanya hidup susah gak bakal tau gimana rasanya hidup susah."

Coba kalo mungut anak jalanan tu bisa segampang mungut anak kucing... yang tinggal dibawa pulang, dimandiin, trus dikasih makan dan dikasih tempat tidur yang empuk. ENGGAK! Mungut anak jalanan berarti ada tanggungan ngasih makan nambah satu orang lagi, ngejamin pendidikan mereka, mereka juga punya perasaan jadi mesti ngejaga mental dan ngebentuk moral mereka.

Hingga saat ini aku belum bisa ngelakuin yang kayak gitu. Aku cuma bisa lewat, diem, kadang ngasih makan atau minum kalo lagi bawa dan udah banyak kalo cuma buat aku, kadang aku kasih duit kalo ada duit kecil. Sampai sejauh ini semua yang aku lakuin itu gak signifikan!

Aku gak tau kenapa jumlah mereka kayaknya gak pernah terlihat berkurang. Kenapa harus ada anak-anak yang bernasib kayak gitu. Padahal siapa tau di antara anak-anak itu ada yang jenius. Siapa tau si jenius itu kalo dibesarkan di keluarga BJ Habibie bisa jadi inventor ternama, cuma karena nasibnya kayak gitu dia jadinya cuma bisa bikin alat ngamen yang bagus. Atau di antara mereka ada yang bisa jadi pemimpin besar, yang bisa ngegantiin pemimpin-pemimpin yang pura-pura mimpin dengan penuh egoisme, tapi ternyata mereka cuma bisa jadi ketua preman. Sekali lagi, karena keadaan. Dan apakah ada yang tau seumpama ada anak yang ternyata hatinya semulia permata serta akalnya sejernih kaca, padahal dia bisa aja jadi ulama besar yang bisa ngelurusin akidah muslim-muslim di dunia yang kehadirannya udah kayak buih di lautan, tetapi nyatanya di cuma bisa bungkam ditekan kerasnya keadaan.

Pengen aku ngomong sama mereka, jadi temen curhat mereka. Tapi nyatanya aku yang takut ama mereka. Mereka itu liar, kotor, omongannya kasar, pola pikirnya berantakan. Hatiku terlalu rapuh buat dengerin kata-kata mereka. Lagian emangnya mereka butuh tempat curhat? Emangnya mereka mau diajarin buat ngelurusin prinsip hidupnya?

Nanti kalo aku dah jadi orang yang kayaaaaaaaaa banget, bisa gak ya aku ngerubah instansi dan negara yang udah berantakan ini? Atau bumi yang dah mau habis umurnya ini? Apa aku perlu punya darah Bani Israil dulu...?

Entahlah, setidaknya aku masih bisa bersyukur saat ini. Setidaknya aku masih bisa ngebahagiain orang-orang yang dah sayang dan berkorban besar buat aku. Dan setidaknya aku gak bikin susah orang-orang yang gak seharusnya susah karena aku.

Dan aku bangga, aku masih punya Tuhanku Allah Subhanahu Wa Ta'ala di sisiku. Aku percaya Allah akan selalu menjagaku tanpa merasa berat sedikitpun, sebagaimana tidak beratnya Dia menjaga mereka yang sedang tidur di sana. Aku yakin Dia akan memberikan imbalan yang manis yang udah nunggu mereka di kehidupan yang lebih kekal....

2 komentar:

  1. yang penting belajar dulu bu...cari suami yang kaya,,,hidup foya foya deh..hehe

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...