Sabtu, 03 Juli 2010

Mau Dicaplok Ular Gede

Pada suatu pagi yang cerah (halah!) Lutfi manggil-manggil namaku.
"Lina…! Lina…! Sini sebentar, Lin…! Aku mau nunjukin sesuatu."
"Apaan sieh, Lut?!"
"Sini dulu deh…."
Lutfi ngebujuk aku sambil narik-narik tanganku. Padahal aku dah ga tertarik gitu deh….

"Coba lihat ke atas, Lin!"
Aku mendongak, ngelihat ke arah yang ditunjuk Lutfi.
"Itu! Bagus kan?" katanya sambil senyam senyum bangga.
"Tadi aku sama Handita ketemu program bagus banget deh. Itu! Terus kami utak-atik.

Program???
Yang aku lihat di hadapanku ada ular raksasa gede banget! Diameternya hampir sepanjang rentangan tanganku. Ga tau deh itu ular sebenarnya apa. Entah hologram atau robot. Yang jelas itu program komputer yang diketemuin Handita dan Lutfi.

"Waaaaaaa…….!"
Aku terpana. Tapi lama-lama aku gak tertarik.
"Ah, Lut, ularnya cuman bisa nampang kayak gini aja?" kataku sok-sok meremehkan.
"Enggak kok." Lutfi protes. "Ularnya bisa ngeliatin kita, mencium bau kita, bisa deteksi infrared juga lho."
"Buktinya?!"

Lutfi ngasih instruksi. Terus ularnya merunduk ke arahku. Aku mundur.
"Ular…, gigit Lina!"
What??? Bukan ngigit! Nyaplok kaleee…!
Aku lari sampai sekitar 50 meter. Hehe…, ularnya dah gak nyampe. Ularnya terikat di suatu tempat. Panjang badannya gak nyampe buat nyaplok aku. Aku ngeledekin ular itu. Dia cuman mangap-mangap di hadapanku.

Tiba-tiba Handita datang sambil lari-lari dengan tampang kusut habis ngelembur program. Habis udah ngatur napas dia ngomong.
"Lut, programnya error! Hang!!!"
"Apa?! Terus gimana dong, Dit???" Lutfi histeris.
"Instruksi terakhir yang kamu masukin apa, Lut?"
"Nyaplok Lina."
"Wah, Lut. Gak bisa dihentiin tuh…!"

"What???!!! Kalian bilang apa???!"

"Lari, Lin!!!"
Tanpa pikir panjang lagi aku lari. Tapi aku dah lari ampe 100 meter, dah nyeberang lapangan bola, ularnya masih bisa terus tambah panjang.
Kacau!
Cape', Bu', lari-lari.

Aku mikirnya gini. Kan ularnya gede banget, jadi aku larinya ke tempat-tempat terpencil, nyempil-nyempil, ndlusup-ndlusup, pokoknya jalan-jalan yang sekiranya Cuma badanku aja yang bisa ngelewatinnya.

Tiba-tiba aku dah nyampe di sebuah SD yang ada mushallanya (gak nyambung banget). Aku ketemu cowok yang aku lupa siapa, wajahnyapun kurang familiar. Dia bilang gini,
"Naik ke mushalla di atas aja, Lin."
"Iya!"
Tapi ternyata pas aku dah nyampe atas…. Semuanya sisinya kaca! Dindingnya kaca! Saat aku menerawang ke luar dinding kaca. Hwaaaa…!!!! Ularnya lagi ngeliatin aku dengan tampang sadis bener-bener pengen nelen. Aku turun lagi.

Aku lari lagi. Di tengah pelarianku (halah!) aku ketemu temen-temenku. Yang kuingat ada Restu, Novi, Feri, dan Elin. Pas mereka tanya "ada apa?" langsung kujawab "ada ular". Mereka jadi ikutan lari.

Lalu sudut pandang cerita berubah ke arah temen-temenku itu sementara aku masih lari-lari dan menyusup kemana-mana. Mereka berkumpul di suatu tempat di pinggir sungai yang airnya mengalir jernih…. Seseorang bilang gini,
"Temen-temen, Lina yang dikejar-kejar ular kok jadi kita yang repot?"
Dan orang yang bilang begitu adalah Elin. Terus Elin bilang gini,
"Kenapa gak kita biarin aja Lina lari sendirian? Atau kalau perlu kita singkirin aja dia."
Oh, Elin…, teganya kau ngomong gitu….
"Oh, iya. Bener itu."
Nah, ini lagi Restu langsung setuju.

Fokus cerita balik lagi ke aku. Ceritanya aku ketemu ama Elin.
"Lina, aku tadi nemu kotak di sana. Kata orang sih kotaknya kuat banget. Lumayan gede lho. Kayu sih…. Tapi gak bakal bisa dihancurin ama gigi ular itu deh. Lagian juga nih ada bolongannya kan sedikit buat kamu bernapas."
"Oh, gitu ya, Lin?"
Ya ampun! Aku kok polos banget. Terus aku masuk ke kotak itu. Elin nutup pintunya.
"Nah, kebetulan ada Handita. Dit, tolong bantuin aku ngunci pintu kotak ini dong…."
Nah ini Handita juga percaya-percaya aja.

Wait! Dikunci dari luar?! Terus aku…???
Sebelum aku sempat sadar terus ngegedor-gedor pintunya, aku ngerasa kotaknya diangkat terus dilempar ke sungai.

Lalu kotaknya hanyut dibawa arus sungai yang tenang. Aku hanya bisa diam.

Fokus cerita sekarang pindah ke Elin. Waktu itu Lutfi baru datang. Dia dah ngelihat semuanya dari jauh.
"Yang di dalam tadi itu Lina?"
"Iya."
"Kamu kok jahat banget sih, Lin…."
"Maksudnya?" tanya Handita juga. Rupanya dia baru ngeh.

Lalu suasana berubah jadi melankolis. Elin terdiam. Dia baru nyadar sesuatu.
"Astaga…! Aku dah jahat banget sama Lina…," batinnya.
"Gak seharusnya aku kayak gini…. Kalo ada temen lagi susah kan seharusnya dibantu, ditanggung bareng-bareng…, bukannya diperlakukan kayak gitu…."

Air mata Elin menetes. Wajahnya pucat.
"Lina…!" teriaknya. "Kamu di mana??? Waduh…, jangan-jangan udah hanyut ampe laut Jawa nih…. Jadi susah nyarinya."
Elin berlari menyusuri tepian sungai.
"Lina…! Tunggu aku…!!! Aku akan mencarimu…."

Elin berlari dengan berlinang air mata. (sekarang gantian yang lari)
Tiba-tiba Handita memanggilnya dari kejauhan.
"Elin…! Tungguuuuu…!!!" panggil Handita.
Elin gak nyahut. Handita jadi ikutan lari.
"Elin…! Kamu mau kemana???!"
Akhirnya Elin noleh juga. Dia balik teriak ke Handita.
"Aku mau nyari Lina…! Aku gak bisa ngebiarin Lina kayak gini…."

Handita teriak lagi.
"Elin…! Kamu di sini aja…! Gak usah kemana-mana…!"
Elin jawab,
"Gak mau…. Aku mau nyari Lina sampai ketemu."
Handita lagi,
"Enggak usah, Elin…!"
Elin masih ngotot,
"Gak bisa…."
Dan cerita ini pun penuh adegan Elin berkejar-kejaran ama Handita sambil teriak-teriak.

"Gak usah, Elin…!"
Teriak Handita sekali lagi buat ngeyakinin Elin.
"Lina ada di sini. Dia ada sama aku."
Elin langsung berhenti larinya.

Ngomong-ngomong, aku juga gak ngerti kok aku tiba-tiba udah ada sama Handita.

Elin lari lagi menyongsongku. Terus dia meluk aku dan minta maaf sambil nangis-nangis.
"Gak pa pa, Elin…. Aku kan udah selamat."
"Tapi ularnya???" tanya Elin panik.
Handita yang jawab,
"Program ularnya dah gak error lagi. Sabit sama Farid dah berhasil ngebenerin programnya. Tuh mereka."
Aku nengok ke arah yang ditunjuk Handita. Di sana bener-bener ada Sabit ama Farid lagi melambaikan tangannya ke arah kami.
"Ya udah, kalo gitu aku mandi dulu deh," kata Handita.

Dan aku pun bangun…, kesiangan. Mana ntar ada kuliah SisBerDok nih….
Akhirnya aku berangkat kuliah masih agak linglung.
Kok bisa ya mimpi kayak gini…?
Jadi hiburan tersendiri di tengah-tengah padatnya kegiatan. Hehe….


Diposkan pertama kali di Facebook 3 Juli 2009 oleh Lina 'Lila' Yuliana

2 komentar:

  1. elin ama handita kayak lagi syuting film india aja... mimpinya mahasiswa KS aneh.. program mulu..^^

    BalasHapus
  2. Yang aku lebih heran lagi kok bisa aku mimpi sepanjang itu dan ingat detail kejadiannya...?

    Elin sama Handita... hehe... apa aku habis nonton film india ya sebelum tidur....

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...